Hisab Istilahi

Ilmu hisab istilahi

ada 2 macam kalender hijriah. Pertama, hijriah syamsiah dan hijriah qomariah.
kalendar hijriah qomariah bermula dari tahun hijrahnya nabi muhamad dari makah ke madinah, yang menurut rukyat hari jumat tahun wawi. Akan tetapi sebenarnya awalnya adalah dari tahun yang setelahnya, dan bahwasanya hijrahnya hari senin 12 rabiul awal tahun bak, 4 oktober 621 masehi. Seperti menurut mahmud basya alfalaki. Ketika nabi masuk di hari itu kaum yahudi puasa asyura yaitu tanggala 10 oktober 4383 ibraniah, dan matahari pada kepala libra.
Menurut ilmu hisab tahun hijriah pertama pada hari kamis, tapi menurut rukyat hari jumat.

Bulan pertama kalender hijriah qomariah.

Sebagaimana di terangkan di atas bahwa hakikatnya hijrahnya nabi terjadi pada bulan robiul awal tanggal 12 tahun ke 13 dari kenabian sayidina muhamad saw, hal ini di kuatkan oleh imam ahmad dari ibnu abbas dan imam malik.
Mungkin timbul pertanyaan, kenapa bulan pertama kalender hijriah qomariah di mulai muharam, dan tidak robiul awal, padahal nabi hijrahnya pada 12 robiul awal tahun bak. Harusnya kan robiul awal?.

Memang benar, nabi ketika itu sampai di quba pada hari senin rabiul awal tahun bak atau 4 tisrin awal (oktober) 621. Alasan, bulan pertama di mulai bulan muharam adalah sebagai penanda di haramkannya perang di bulan itu. Karena pada masa itu adalah bulan lahirnya muhamad, wafatnya muhamad.
Karena itu di namakan muharam.
Namun, guna mengingat milad dan sirah nabi, pada tgl 12 robiul awal dianjurkan memperingatinya. Walaupun sebenarnya, bulan robiul awal setelah muharam bukan robiul awal sebenarnya.
Tiap 30 tahun ada 11 kabisat. Yaitu 2, 5, 7, 10, 13, 15, 18, 21, 24, 26, 29.

nama hari 7 kalender hijriah qomariah:
* di masa jahiliah: ahad, ahun, jabar, diyar, munes, urubah, seyar.
* setelah islam datang: ahad, senin, selasa, rabu, kamis, jumat, sabtu.

Kedua kalender hijri syamsi atau perpindahan matahari.
Awal tahun Di mulai pada 24 september masehi. Kalender ini lebih tepat di namakan kalender musim karena lebih menerangkan musim

http://falak.pun.bz/post/4.xhtml

Bookmark the permalink. RSS feed for this post.

Leave a Reply

Diberdayakan oleh Blogger.

About

Assalamu'alaikum Ahlan Wa Sahlan Bihudzuurikum Salam hangat saling menyapa dan berbagi untuk membangun negeri . . . .

Search

Search

Swedish Greys - a WordPress theme from Nordic Themepark. Converted by LiteThemes.com.